By 
July 12, 2012   ·   

Game yang mengusung genre olahraga memang menjadi salah satu genre yang secara konsisten hadir setiap tahun, sekaligus juga menjadi genre yang paling menuntut kreativitas developer. Sebagai sebuah video game yang menawarkan gameplay yang hampir serupa dari tahun ke tahun, developer dipaksa untuk terus menghadirkan sesuatu yang baru setiap tahunnya. Hal inilah yang tidak mungkin dilewatkan Konami untuk seri game sepakbolanya yang paling populer – Pro Evolution Soccer (PES). Untuk seri terbaru – 2013 ini, Konami tampaknya harus berusaha lebih keras mengingat tampuk pimpinan franchise yang kini sedang dikuasai oleh FIFA. Lantas, fitur-fitur baru apa saja yang dihadirkan di dalamnya?
Selain memperkuat dukungan AI untuk ofensif dan defensif yang diklaim akan tampil lebih reponsif dan adaptif terhadap keinginan gamer, Konami juga menyuntikkan beberapa hal baru untuk menghadirkan gameplay yang lebih sempuna. Anda kini akan dapat lebih mudah memanipulasi bola, bahkan ketika Anda menyentuhnya untuk pertama kali. Pergerakan karakter juga akan tampil lebih baik. Konami juga akan menyuntikkan fitur baru bernama – Player ID sebagai “kosmetik” utama. Fitur yang satu ini akan membuat para pemain top-top dunia bergerak, menembak, menyelamatkan bola, dan melakukan selebrasi seperti layaknya mereka di dunia nyata.
Dengan beberapa fitur baru yang cukup menarik, mampukah PES mengalahkan dominasi FIFA tahun ini?
Lantas bagaimana dengan mode baru yang ditawarkan? Lewat sebuah trailer terbaru, Konami memperlihatkan mode-mode baru yang akan disuntikkan ke dalam PES 2013. Berbeda dengan seri-seri sebelumnya, seri terbaru ini tampaknya akan lebih berfokus pada pengalaman bermain online. Konami sudah menyediakan fungsi terintegrasi yang lebih mumpuni untuk hal tersebut. Selain itu, Anda kini juga dituntut tidak hanya mengembangkan karir pemain Anda, tetapi juga mendapatkan poin dan membeliberagam item untuk training, serta mendapatkan keuntungan status tertentu darinya.
Konami sendiri belum memberikan kepastian tanggal rilis PES 2013 ini, namun diperkirakan akan dirilis pada kuarter keempat tahun 2012 ini. Tertarik? Atau Anda lebih memilih untuk menunggu fitur-fitur baru yang ditawarkan FIFA?